101 Essays That Will Change The Way You Think

101 Essays That Will Change The Way You Think

IPS tolong di jawab dengan benar

tolong di jawab dengan benar

Jawaban:

Sebagai mahkuk sosial :

1. Membuang sampah pada tempatnya.

2. Kerja bakti

3. Mencium tangan kedua orang tua saat hendak pergi keluar rumah.

4. Melaksanakan program ronda malam untuk mengantisipasi kejahatan pada malam hari seperti perampokan rumah dan lain sebagainya.

Sebagai mahluk ekonomi yang bermoral :

1. Berprofesi sebagai guru.

2. Membagikan bansos secara jujur dan adil.

3. Menangkap ikan dengan jala dan bukan dengan bom.

4. Menawar barang di pasar secara sopan.

Penjelasan:

Sebagai mahluk sosial :

1. Membuang sampah pada tempatnya : Tindakan ini terklasifikasi sebagai tindakan sosial karena tindakan ini mempengaruhi lingkungan sekitar, dengan kita membuang sampah pada tempatnya, lingkungan menjadi bersih dan mengurangi resiko terjadinya banjir.

2. Kerja Bakti : Sama seperti poin sebelumnya, tindakan ini mempengaruhi lingkungan sekitar, kerja bakti merupakan tindakan yang bertujuan untuk membersihkan lingkungan sekitar, dengan membersihkan lingkungan sekitar, lingkungan menjadi bersih dan nyaman untuk ditinggali oleh masyarakat.

3. Mencium tangan kedua orang tua saat hendak pergi keluar rumah : Tindakan ini tergolong sebagai tindakan sosial karena, tindakan tsb mempengaruhi orang lain, yaitu orang tua. Hal ini juga merupakan adab sopan santun dasar dalam bermasyarakat dan tergolong sebagai nilai moral.

4. Melaksanakan program ronda malam untuk mengantisipasi kejahatan pada malam hari seperti perampokan rumah dan lain sebagainya : Tindakan ini tentu saja bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dengan dilakukannya ronda malam, lingkungan menjadi lebih aman dan mengurangi potensi adanya tindakan kriminal yang terjadi di lingkungan sekitar.

Sebagai mahluk ekonomi yang bermoral :

1. Menjadi guru : Dengan berprofesi menjadi guru, kita otomatis berperan sebagai individu yang turut mencerdaskan bangsa sekaligus mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

2. Membagikan bansos secara jujur dan adil : Hal ini tergolong sebagai peristiwa ekonomi karena adanya transaksi antara pemberi, penyalur, dan penerima bansos. Sifat jujur dan adil juga merupakan sifat yang wajib dimiliki oleh pemberi dan penyalur bansos agar masyarakat yang menerima bansos dapat menerima haknya secara adil.

3. Menangkap ikan dengan jala dan bukan dengan bom : Biasanya tindakan ini dilakukan oleh Nelayan yang dimana mereka melakukan tindakan ini untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, ini merupakan tindakan ekonomi. Menangkap ikan dengan bom dapat merusak ekosistem laut, maka dari itu, sebagai manusia yang bermoral, perlulah kita untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar kita dengan menangkap ikan dengan jala.

4. Menawar barang di pasar secara sopan : Menawar barang di pasar secara sopan tergolong sebagai tindakan ekonomi yang bermoral. Tindakan tawar-menawar di pasar merupakan tindakan ekonomi, sedangkan adab sopan merupakan nilai moral.

[answer.2.content]